Jumat, 03 April 2015

Kegiatan Sosialisasi



Nama         : Farah Nabilla
NIM           : 1801424820
Isi laporan  : Kegiatan Sosialisasi


Tempat pelaksanaan :
Kantor Kecamatan Cipondoh, Tangerang, Banten

Setelah melalui perundingan yang cukup panjang untuk menentukan lokasi kebersihan untuk mata kuliah ini, akhirnya kelompok kami pun sepakat untuk memilih salah satu daerah di Cipondoh, Tangerang, Banten. Alasan kami memilih daerah tersebut karena menurut salah satu dari anggota kami mengatakan bahwa daerah tersebut memang cukup kotor dan banyak sampah, kemudian salah satu dari anggota kami pun kebetulan kenal dekat dengan Kepala Camat di daerah tersebut sehingga kami berasumsi bahwa nantinya kedatangan kami akan lebih mudah untuk diterima oleh kepala daerah dan warga sekitar.

Tepatnya pada tanggal 17 Maret 2015, untuk pertama kalinya kelompok kami mendatangi Kecamatan Cipondoh guna untuk meminta izin kepada kepala daerah tersebut untuk sekiranya kami diperbolehkan atau tidak untuk menjadi duta kebersihan di daerah tersebut dalam rangka melaksanakan tugas mata kuliah Character Building - Pancasila yang diberikan kepada kami. Setelah kami menjelaskan tujuan kedatangan kami, Kepala Camat pun menyuruh kami untuk meminta izin kembali ke kantor kelurahan yang kami maksud yakni Kelurahan Kenanga. Setelah itu kami bergegas pergi ke kantor kelurahan tersebut, tetapi ternyata Kepala Lurah sedang tidak berada di tempat dan kami pun disuruh untuk kembali esok hari.

Pada tanggal 18 Maret 2015 pun akhirnya kami kembali ke kantor Lurah Kenanga dan bertemu dengan Pak Lurah. Kami pun menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan kami saat itu, kemudian pak Lurah meminta data lengkap kami, dan kami pun akhirnya diizinkan untuk memilih lokasi di daerah ini untuk dijadikan tempat bersih-bersih mata kuliah CB Pancasila.


Gambar Kantor Kelurahan Kenanga




Kemudian kami pun diundang oleh Kepala Camat untuk menghadiri kegiatan sosialisasi "Tangerang Berkebun" di kantor Kecamatan Cipondoh pada keesokan harinya. Jadi, kebetulan Kecamatan Cipondoh dan sekitarnya ingin menjalankan program "Tangerang Berkebun" dan kami diundang untuk hadir pada acara tersebut guna untuk menambah wawasan kami mengenai pentingnya berkebun dan untuk memperkenalkan diri kami kepada warga sekitar karena minggu yang akan datang kami akan melaksanakan kegiatan kebersihan untuk pertama kallinya di daerah tersebut.

Pada tanggal 19 Maret 2015 kelompok kami mengikuti kegiatan sosialisasi untuk program "Tangerang Berkebun". Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Bapak Camat, Sekcam, beberapa anggota DPRD Kota Tangerang, staff kelurahan, dan beberapa warga sekitar. Kegiatan ini dimulai dari pukul 09.00 - 11.30 WIB. Ini adalah pengalaman pertama saya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi seperti ini terlebih lagi langsung bersama dengan warga di daerah tersebut. Berikut di bawah ini beberapa foto dari kegiatan sosialisasi tersebut.









Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah mengikuti sosialisasi ini, yaitu bahwa kita harus lebih peduli terhadap keberadaan tanaman dikarenakan keberadaannya sangat dibutuhkan terlebih lagi untuk mengatasi efek dari pemanasan global yang bisa kita rasakan saat ini, kemudian juga saya jadi lebih mengetahui mengenai jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan bagaimana cara untuk membudidayakannya, kemudian saya dapat mengetahui bagaimana caranya memanfaatkan lahan/tanah yang ada untuk ditanami tanaman, mengetahui metode bertanam yang baik, kemudian dapat mengetahui jenis pupuk yang baik dan masih banyak lagi,

Dengan menanam tanaman tentu akan mempercantik dan membuat suasana lingkungan kita lebih hidup, ditambah lagi bahwa tanaman hijau memiliki kandungan oksigen yang baik. Inti dari kegiatan sosialisasi ini mengajarkan kepada kita bahwa sebagi manusia kita harus lebih mencintai, merawat, dan memperhatikan keadaan lingkungan sekitar, tentunya dengan selalu menjaga kebersihan dan keinahan lingkungan karena lingkungan yang asri, indah, dan bersih adalah kondisi yang sangat ideal dan nyaman untuk kehidupan kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar